Petunjuk Umum Penggunaan

penerapan

Pupuk Organik Cair MASAGRI® dapat diaplikasikan pada berbagai macam tanaman. Selain fungsi memberikan unsur makro dan mikro, Pupuk Organik Cair MASAGRI® sangat bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan tanaman serta meningkatkan memperbaiki dan yang terpenting adalah menjaga kesuburan tanah pada lahan dimana tanaman berada.

Petunjuk penggunaan ini merupakan garis besar anjuran dan disusun berdasarkan hasil penelitian uji terap, uji coba langsung / demplot (demonstration plot) dan masukan dari para petani yang menggunakan Pupuk Organik Cair MASAGRI® atau pupuk organik cair lain yang memiliki formula dan kandungan yang hampir sama dengan Pupuk Organik Cair MASAGRI®.

PETUNJUK UMUM PEMAKAIAN

Pupuk Organik Cair MASAGRI® tidak mengandung mikroba berbahaya dan racun kimia sehingga aman digunakan baik bagi manusia maupun bagi tanaman.

Pupuk Organik Cair MASAGRI® dapat digunakan pada semua tahapan mulai dari pengolahan lahan sebelum penanaman, pembibitan dan pemeliharaan tanaman.

Pupuk ini merupakan konsentrat yang sebelumnya harus dicampurkan dengan air bersih sebelum digunakan. Sebelum melakukan pencampuran, faktor penting yang harus diperhatikan adalah mengusahakan tempat pencampuran dan alat semprot / alat siram yang digunakan bersih dan steril. Apabila menggunakan alat bekas penggunaan pestisida, herbisida atau fungisida, sebaiknya dicuci sampai bersih terlebih dahulu.

Kebersihan alat ini untuk mengindari kontaminasi racun yang dapat membunuh mikroba yang terkandung pada Pupuk Organik Cair MASAGRI® yang berakibat pada menurunnya kemampuan/efektifitas pupuk ini.

Adapun rekomendasi waktu penyemprotan yang baik dilakukan pada pagi hari (sebelum pukul 09.30) atau sore hari (sesudah pukul 16.00). Hal ini dikarenakan pada waktu tersebut stomata daun sedang terbuka.

takaran-tangkiPETUNJUK PENCAMPURAN DENGAN AIR

  • Kocok botol/jerigen Pupuk Organik Cair MASAGRI® terlebih dahulu.
  • Buat larutan MASAGRI® dengan mencampurkan 10 ml Pupuk Organik Cair MASAGRI® (setara dengan 1 tutup botol kemasan 250 ml atau 1 liter) dengan 1-2 liter air. 1 liter Pupuk Organik Cair MASAGRI® setara dengan 100 – 200 liter larutan MASAGRI®
  • Untuk lahan dengan kebutuhan pupuk kimia tinggi, gunakan 1 liter air. Untuk lahan dengan kebutuhan pupuk kimia lebih rendah, gunakan 2 liter air.
  • Jika melakukan pencampuran di luar, tuangkan pupuk sesuai takaran ke dalam air lalu diaduk agar larutan pupuk merata dalam air.
  • Jika pencampuran dilakukan di tangki penyemprot, masukkan pupuk terlebih dahulu ke dalam tangki, setelah itu baru air. Hal ini dilakukan agar pupuk tersebut merata tercampur dengan air. Gambaran pencampuan di tangki dapat dilihat pada tabel di samping,
  • Jangan melakukan pencampuran dengan pestisida kimia karena akan mengurangi efektivitas Pupuk Organik Cair MASAGRI®.


PETUNJUK PERLAKUAN BIBIT

  • Untuk perlakuan bibit, campuran larutan MASAGRI® adalah 10 ml Pupuk Organik Cair MASAGRI® dengan 5 liter air. Jangan membuat larutan dengan dosis yang lebih tinggi.
  • Untuk bibit dalam bentuk batang, direndam pada larutan MASAGRI® selama 3-5 jam.
  • Untuk bibit dengan bentuk biji, direndam pada larutan MASAGRI® selama semalam.
  • Untuk bibit dengan bentuk tanaman, disemprot seluruh bagian tanaman dan media tanam.
  • Setelah pendaman, tiriskan kemudian angin-anginkan sampai kering dan bibit siap ditanam.


PETUNJUK PERLAKUAN PUPUK KANDANG

  • Dianjurkan untuk pupuk kandang yang akan digunakan terlebih dahulu difermentasi dengan cara disemprot sampai lembab menggunakan larutan MASAGRI®(campuran Pupuk Organik Cair MASAGRI® dengan air) untuk meminimalisir kemungkinan berkembangnya jamur dan mikroba merugikan.
  • Diamkan selama 3-5 hari, baru kemudian digunakan. Jika volume pupuk kandang yang digunakan cukup banyak dan tempat terbatas, maka usahakan mengaduk pupuk kandang tersebut setiap hari (lapisan atas ke bawah dan sebaliknya) untuk membuang gas yang terbentuk karena proses penguraian.


PETUNJUK PENYEMPROTAN / PENYIRAMAN

  • Larutan MASAGRI® (campuran Pupuk Organik Cair MASAGRI® dengan air) disemprotkan merata pada batang, daun (bagian atas dan bawah) bunga, buah serta tanah sampai lembab.
  • Untuk tanaman yang tinggi, semprotkan secara merata pada batang 60 cm ke bawah hingga ke tanah dan sekeliling pangkal batang.
  • Untuk memaksimalkan hasil, sebaiknya pemupukan dilakukan sesuai dengan frekuensi yang dianjurkan.
  • Penggunaan akan lebih efektif jika tanah diberi kompos yang sebelumnya telah disemprot / disiram larutan MASAGRI®.


PETUNJUK PENYIMPANAN

  • Simpan Pupuk Organik Cair MASAGRI® di tempat  kering yang tidak terkena sinar matahari langsung. Pupuk Organik Cair MASAGRI® dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Bila sedang tidak digunakan, botol harus tertutup rapat.
  • Pada saat penyimpanan kemungkinan kemasan Pupuk Organik Cair MASAGRI® akan sedikit menyusut karena proses mikroba di dalamnya. Hal ini bukan merupakan kerusakan pada kualitas pupuk. Untuk mengembalikan bentuk kemasan dapat dilakukan dengan membuka tutup dalam kemasan (botol/jerigen) sebentar sampai kemasan kembali ke bentuknya dan menutup rapat kembali kemasan.
  • Pada saat penyimpanan akan muncul lapisan putih pada bagian atas cairan yang merupakan ragi/yeast yang dihasilkan dari proses fermentasi di dalamnya. Hal ini bukan merupakan kerusakan pada kualitas pupuk.
  • Pupuk Organik Cair MASAGRI® sudah tidak dapat digunakan lagi jika telah berbau busuk (tidak beraroma khas asam organik).